Ternyata Begini Rasanya Mengendarai Honda City Hatchback RS

Ternyata Begini Rasanya Mengendarai Honda City Hatchback RS

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

loading…

Honda City Hatchback RS akan relevan untuk pengguna berusia akhir 20 hingga akhir 30an. Mereka yang ingin mobil harian bertipe hatchback yang tangkas, irit, bertenaga. Foto: Sindonews/danang arradian

JAKARTA – Inilah Honda City Hatchback RS, mobil yang mendapat respons beraneka macam dikalangan fans Honda.

Salah satunya, sebab tiba-tiba Honda menghentikan produksi Honda Jazz sejak Februari 2021. Sebagian pengguna Jazz merasa Honda City Hatchback RS bukanlah pengganti yang tepat mobil hatchback terpopuler di Indonesia tersebut.

BACA JUGA: Tanda Gampang Sekali Jatuh Cinta Pada Eksterior Honda City Hatchback RS

Mengapa Honda Jazz stop produksi? Karena Jazz generasi keempat dianggap tidak mewakili konsumen Indonesia dengan suka sekali karakter mobil gagah dan sporty.

Saat itu memang Sindonews datang ke Tokyo Motor Show 2019, ketika Honda Jazz generasi keempat diluncurkan. Kendati Jazz baru pelik dan keren, tapi desainnya lebih cocok untuk konsumen Jepang alias JDM (Japan Domestic Market). Terlalu imut. Karena Jazz atau Fit disana banyak dipakai ibu-ibu dan kaum hawa.

Baca Juga:

Lantas diputuskan lah Jazz di stop di Indonesia. Sampai belakang ada generasi kelima. Real, market Jazz masih tersedia. Memang tidak sebaik 4-5 tahun silam. Tapi Jazz tetap menjadi pemimpin pasar hatchback di Indonesia.

Honda City Hatchback RS mau tidak mau, langsung atau tidak langsung, diposisikan sebagai pengganti Honda Jazz sebagai raja segmen hatchback.

Senyaman Sedan

Yang terasa saat mengemudikan Honda City Hatchback RS pertama kali adalah, mobil ini terasa sangat landai dengan bonet yang panjang. Seperti mobil yang dirancang sebagai hatchback. Melainkan seperti sebuah sedu yang dipotong pantatnya.

Jadi, sensasi berkendaranya sedang terasa seperti menyetir suatu sedan, tapi lebih terampil.

Mesinnya, dipilih 4 silinder segaris 1. 5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW secara pilihan transmisi CVT & 6 M/T. Secara performa, Honda City Hatchback RS paling kencang dibanding Toyota Yaris ataupun Mazda2. Tenaganya 121PS/6. 600 rpm & torsi maksimum 145 Nm/4. 300 rpm.

Sindonews mencoba membejek gas Honda City Hatchback RS malam hari dengan kecepatan tinggi. Terasa sekali keterampilan mobil ini. Pandangan pilot luas. Untuk menyalip, ataupun bermanuver Sindonews merasa betul percaya diri.

Tarikan awalnya, memang tidak seresponsif Honda Jazz. Akan tetapi di RPM menengah, torsinya cukup baik. Kecepatan 120 km/jam-140 km/jam dilalui dengan sangat mudah.

Suspensinya, walau tetap keras khas Honda untuk memproduksi manuvernya lincah, tapi bertambah empuk dibandingkan Honda Jazz maupun HR-V. Seperti melaksanakan mobil dengan suspensi isak. Kekedapan kabinnya juga tidak seberisik Honda Jazz. Oleh sebab itu soal kenyamanan, Sindonews bagak mengatakan bahwa Honda Honda City Hatchback RS lebih nyaman dibandingkan Honda Jazz.