Rouhani: Respons Kuat Gaza Kepada Zionis Adalah Kemenangan Besar

Rouhani: Respons Kuat Gaza Kepada Zionis Adalah Kemenangan Besar

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

TEHERAN – Presiden Iran Hassan Rouhani menyoroti persatuan dan solidaritas di antara warga Palestina selama konflik 11 hari melawan rezim Zionis Israel . Rouhani menggambarkan respons kuat Jalur Gaza jadi kemenangan besar.

“Orang-orang di Eropa dan Amerika turun ke jalan (untuk mendukung Palestina) tetapi kaum negara Barat mengambil aksi yang salah tentang masalah ini, ” kata Rouhani dalam sesi Satuan Tugas Virus Corona Nasional pada Teheran seperti dikutip sejak kantor berita Iran, IRNA , Sabtu (22/5/2021).

Rouhani melanjutkan dengan mengatakan kalau sebagian besar negara Agama islam mengambil sikap yang tertib, namun, lebih banyak lagi yang diharapkan dari Negeri Arab.

Baca Juga:

“Beberapa diam apalagi pada hari-hari terakhir perang, ” ujar Rouhani. “Namun, semua negara melakukannya dengan baik, ” ia menggarisbawahi.

Rouhani pun menekankan bahwa perlawanan bakal membawa kemenangan.

Lebih lanjut, dia mengutarakan selamat kepada bangsa Palestina yang berani melawan dan sabar atas kemenangan itu.

Sebelumnya, Majikan Spiritual Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Israel dipaksa untuk menerima keruntuhan oleh pejuang bersenjata Palestina. Pernyataan itu disampaikan keadaan Jumat setelah gencatan senjata disepakati oleh Zionis & kelompok perlawanan Palestina dalam Gaza.

Baca juga: Menlu Retno di PBB: Israel Negara Penjajah Palestina, Harus Direspons Seluruh Negara!

“Saya berterima kasih kepada Tuhan yang maha kuasa atas kemenangan dan kehormatan yang diberikan kepada para pejuang Palestina, ” katanya dalam sebuah pernyataan di situs resminya.

Konflik selama 11 hari di Urat Gaza berakhir dengan disepakatinya gencatan senjata antara Israel dan Hamas, yang mengabuk wilayah itu. Kesepakatan itu dianggap sebagai kemenangan oleh Hamas dan warga Palestina menyabutnya dengan suka cita.

Gencatan senjata berlaku pada hari Jumat pukul 02. 00 pra hari waktu setempat, sesudah 11 hari pertempuran berdarah.

Serangan Israel di Gaza sejak 10 Mei telah menewaskan 243 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, kata kementerian kesehatan tubuh yang dikelola Hamas dalam Gaza.

Sedangkan ribuan roket yang ditembakkan ke Israel dari Gaza telah merenggut 12 menghabisi di Israel.

Baca juga: Israel dan Gaza Gencatan Senjata, Pendukung Mereka Malah Berlaga di New York