Pemimpin DPRD Ajak Mahasiswa Bangun Kendal dengan Menekuni Wirausaha

Pemimpin DPRD Ajak Mahasiswa Bangun Kendal dengan Menekuni Wirausaha

KENDAL – Meski berpunya menciptakan lapangan pekerjaan, namun cuma sebagian kecil mahasiswa yang berkeinginan menekuni dunia usaha. Sebagian luhur mahasiswa berirorientasi dapat bekerja di sektor formal, apakah di badan pemerintahan maupun di perusahaan.

Hal itu terungkap dalam seminar bertema “Membangun Talenta serta Semangat Wirausaha Muda Indonesia” yang menghadirkan narasumber MPR RI, Mujib Rohmat, dan Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, di Resto Tirtoarum, Selasa (10/11/2020). Kegiatan ini diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Menanggapi hal itu, Muhammad Makmun, mengajak para mahasiswa untuk membuka diri terhadap jalan wirausaha. Dikatakan, di era serba-serbi digital sekarang ini terdapat penuh peluang usaha yang potensial buat dikembangkan. Hal ini, imbuhnya, membutuhkan kreativitas dan keberanian.

“Selain kreativitas dan keberanian, serupa dibutuhkan komitmen. Ada banyak orang menginginkan sesuatu namun karena tidak diikuti dengan komitmen yang berpengaruh, akhirnya mandeg di tengah ulama dengan berbagai macam alasan. Termasuk dalam berwirausaha. Karena semuanya tidak ada yang instan, tapi mencuaikan proses, ” ungkap Makmun, dengan juga Ketua Ikatan Alumni PMII Kendal.

Baca Juga:

Makmun beraharap, secara tumbuhnya minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dapat menciptakan lapangan pekerjaan, khususnya bagi warga Kendal pada masa-masa yang akan datang. Selain itu, dengan munculnya para pelaku usaha asal Kendal, diharapkan mampu mengangkat perekonomian daerah.

Sebelumnya, anggota MPR yang juga anggota DPR RI, Mujib Rohmat, mengatakan sektor ekonomi kreatif sangat potensial dikembangkan untuk membangkitkan kelesuan ekonomi akibat pandemi. Dianggap, pemerintah telah meluncurkan berbagai ragam program untuk memberdayakan pemuda di dalam kegiatan ekonomi kreatif.

Anggota DPR RI Premi X yang membidangi pendidikan serta pariwisata itu mengajak para mahasiswa menekuni wirausaha. Menurutnya sudah saatnya lulusan perguruan tinggi mampu menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat.

“Karena tidak semuanya bekerja di sektor formal, apakah itu di tadbir maupun swasta, para mahasiswa perlu membuka diri akan peluang wirausaha. Ada banyak pemuda yang lulus membangun bisnis startup, dan mampu mempekerjakan banyak orang. Anda pun mampu melakukan itu, ” kata Mujib.

“Di kampus manapun, tidak ada fakultas jurusan menimba kesejahteraan dan kebahagiaan. Tapi, jalani dan tekuni. Apapun itu. Sama dengan tuntutanan dalam al Qur’an, kerjakan sesuai talenta dan minat. Kesejahteraan dan kebahagian itu bisa menggunakan berbagai macam pintu. Tidak kudu semuanya menjadi politisi seperti hamba dan ketua IKA PMII, ” sambung Mujib.

Sidang kewirausahaan dihadiri oleh puluhan kandidat PMII dari lintas perguruan luhur di Kendal dan luar Kendal. Selain itu, turut hadir sebesar alumni PMII asal Kendal dengan menekuni lintas profesi.