Menghadap Libur Natal, IHSG Berpotensi Menguat Didorong Sentimen Reshuffle Kabinet

Menghadap Libur Natal, IHSG Berpotensi Menguat Didorong Sentimen Reshuffle Kabinet

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dikenal akan mengalami penguatan jelang libur natal tahun 2020. Pengamat Rekan Modal, Riska Afriani mengatakan, daya penguatan terlihat dari sejumlah sentimen, salah satunya adalah pelantikan sejumlah menteri hasil reshuffle kabinet.

“Untuk sebelum akhir natal kita lihat bahwa ada peluang potensi kenaikan IHSG kemarin dengan adanya reshuffle kabinet sehingga reshuffle kabinet ini dinilai oleh pelaku pasar lebih optimis mengingat bahwa Pak Jokowi cukup cekatan atau tanggap dalam hal ini, ” ujar Riska dalam acara Market Opening IDX Channel, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Menteri KKP Baru Ungkap Keinginan Jokowi Soal Ekspor Benih Lobster

Riska memasukkan, dengan adanya langkah cepat Pemimpin Joko Widodo untuk melakukan reshuffle kabinet sangat diapresiasi oleh karakter pasar, dimana reshuffle ini serupa untuk mengisi posisi dua gajah yang telah diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi.

Baca Juga:

“K. ita melihat kalau kemarin juga ada dua menteri yang sebelumnya menjadi tersangka & ini segera dilakukan evaluasi kembali oleh Presiden Jokowi sehingga enam nama baru yang menduduki gaya menteri ini dinilai juga menjadi gairah untuk pasar ke depan, ” kata dia.

Baca Juga: Resmi Oleh sebab itu Anak Buah Jokowi, Saham Sandiaga Uno Melesat

Meskipun sentimen dalam jati positif, Riska menyebut adanya intimidasi sentimen negatif dari global yang cukup mengkhawatirkan terkait dengan anak dari Covid-19 yang terdapat virus baru di Inggris. “Ini kan tentunya kemarin sempat memukul pergerakan indeks di Amerika Serikat, pasar uang Eropa itu juga rata-rata menikmati penurunan, ” ucapnya.