Mengajak New Delhi, AS Kirim Kapal Perang ke ZEE India Tanpa Izin

Mengajak New Delhi, AS Kirim Kapal Perang ke ZEE India Tanpa Izin

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

WASHINGTON – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya sengaja menahan diri untuk tidak meminta persetujuan India untuk patroli ‘kebebasan navigasi’ di dekat kepulauan Lakshadweep minggu ini. Hal itu dilakukan untuk menantang permintaan maritim New Delhi dengan bertentangan bertentangan dengan asas internasional.

Dalam suatu pernyataan, Armada ke-7 AS menyatakan, USS John Paul Jones menegaskan hak navigasi dan kebebasan sekitar 240 km barat Kepulauan Lakshadweep, yang berada di di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) India, tanpa meminta persetujuan sebelumnya dari India. Menurutnya hal itu konsisten secara hukum internasional.

USS John Paul Jones adalah sebuah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke.

Baca juga: Pasukan Bangkong AS Bergabung dengan Pesawat Induk Roosevelt di LCS

Baca Juga:

“Misinya pada Laut Arab menjunjung mulia hak, kebebasan, dan penerapan yang sah atas laut yang diakui dalam norma internasional dengan menantang permintaan maritim India yang berlebihan, ” tambah pernyataan tersebut seperti dikutip dari Russia Today , Sabtu (10/4/2021).

Angkatan Laut AS mengutarakan sangat menyadari bahwa New Delhi memerlukan persetujuan sebelumnya untuk latihan atau siasat militer di ZEE dan landas kontinennya, tetapi bersikeras bahwa klaim tersebut tidak memiliki dasar hukum.

India percaya memiliki hak untuk menuntut permisi tersebut sejalan dengan Adat Hukum Laut PBB (UNCLOS) yang telah ditandatangani di tahun 1995. Namun, AS yang tidak pernah menandatangani konvensi tersebut, dan masa ini menantang apa dengan dianggapnya klaim maritim yang berlebihan oleh lebih lantaran selusin negara.

Baca juga: Rusia-Ukraina Bersitegang, AS Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam