Latihan Militer, Pembom Rusia Luncurkan Rudal Jelajah Subsonik Kh-555

Latihan Militer, Pembom Rusia Luncurkan Rudal Jelajah Subsonik Kh-555

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

MOSKOW – Komando Juru Jarak Jauh Angkatan Hawa dan Luar Angkasa Rusia melakukan pelajaran staf komando sebagai periode dari latihan rutin dalam musim dingin rutin. Kejadian itu diumumkan Kementerian Pertahanan Rusia.

Khususnya, latihan tersebut termasuk peluncuran rudal jelajah dari pesawat pembom Tu-95MS “Bear H” dan Tu-160 “Blackjack”. Latihan ini adalah satu diantara dari banyak latihan dengan diungkapkan selama lonjakan denyut militer Rusia baru-baru tersebut di seluruh negeri dan terutama di wilayah Bahar Hitam.

Sekitar 10 pesawat, termasuk Tu-95MS, Tu-160 dan pesawat tanker pendukungnya Il-78 “Midas”, amblas dari wilayah Saratov ke sasaran di Republik Komi, di barat laut Rusia, di mana mereka menggenjot sasaran darat dengan peluru kendali jelajah, kemudian kembali ke pangkalan mereka setelah lebih dari tujuh jam.

Misi tersebut termasuk pengisian bahan bakar di udara pada ketinggian bertambah dari 6. 000 meter dan kecepatan sekitar 600 kilometer per jam, beserta patroli udara di kawasan tertentu.

Baca juga: Pasukan Rusia Tinggalkan Perbatasan Ukraina, Itu Videonya

Baca Juga:

Meski tidak disebutkan dalam informasi Kementerian Pertahanan, para bomber yang terlibat diduga hak Resimen Pengebom yang bermarkas di pangkalan udara Engels, yang notabene berada di wilayah Saratov, sedangkan sasarannya seharusnya ada di daerah Pemboy, yang ada pada Republik Komi sekitar 60 kilometer dari Vorkuta.

Untuk diketahui, senggang yang serupa juga digunakan pada 2019 untuk melakukan tes pertama Rudal Hipersonik Kh-47M2 Kinzhal di wilayah Laut Barents.

Adapun rudal jelajah yang dimanfaatkan, Kementerian Pertahanan Rusia membuat video dari latihan itu yang menunjukkan rudal inert Kh-555 dimuat di pembom Tu-95 dan Tu-160.

Kh-555 adalah varian senjata konvensional dari peluru kendali jelajah subsonik berujung nuklir Kh-55 (NATO melaporkan nama AS-15 “Kent”), dengan sistem panduan yang ditingkatkan & jangkauan setidaknya 2. 500 km, dengan beberapa sumber melaporkannya hingga 3. 000/3. 500 km.

Baca juga: Gajah Pertahanan Rusia Tiba dalam Crimea untuk Awasi Pelajaran Militer

Rudal tersebut berangkat beroperasi pada awal 2000-an dan dapat dibawa sebab Tu-95 (enam atau 16 rudal, tergantung pada cara pembom) dan Tu-160 (12 rudal) seperti dikutip lantaran Businnes Insider , Minggu (25/4/2021).

Menurut beberapa sumber, jet tempur Su-34 “Fullback” juga mampu membawa mulia rudal Kh-555, sementara tersebut tidak diketahui apakah Tu-22M3 “Backfire” telah terintegrasi sempurna dengan rudal tersebut, bahkan jika itu sedang diuji. Rudal Kh-555 digunakan selama serangan Rusia terhadap tumpuan darat ISIS di Suriah pada 2015.

Ini hanyalah salah kepala latihan pengebom dalam barang apa yang oleh beberapa analis disebut sebagai “gelombang” aktivitas militer Rusia.