Kabur ke Luar Kota Sepekan, Pulang ke Surabaya Wajib Tes Swab

Kabur ke Luar Kota Sepekan, Pulang ke Surabaya Wajib Tes Swab

SURABAYA kacau Pemberlakuan wajib tes swab tidak hanya berlaku bagi warga sungguh kota yang masuk ke Surabaya . Peringatan berpenat-penat juga ditujukan bagi warga Surabaya , yang sempat beraktiftas di luar kota wajib untuk tes swab ketika balik ke Kota Pahlawan.

(Baca juga: Deklarasi di Riau, KAMI Ajak Generasi Muda Bahadur Bersuara)

“Warga Surabaya yang tujuh hari berturut-turut berada di luar kota, ketika pulang ke Surabaya , maka Pak RT/RW diminta untuk melakukan pencatatan dan diminta hasil swabnya, ” kata Besar BPB Linmas Kota Surabaya Irvan Widyanto, Sabtu (12/9/2020).

Baca Selalu:

Ia meneruskan, kalau untuk para pendatang nantinya setiap pengurus RT/RW maupun pemangku apartemen diwajibkan untuk melakukan pencatatan terhadap warga luar kota yang akan tinggal di Surabaya selama tiga hari berturut-turut. Para pendatang tersebut diwajibkan untuk menunjukkan buatan tes swab yang menyatakan sunyi dari COVID-19, atau dia kudu kembali ke daerahnya masing-masing.

“Jadi mau stay, kerja, kuliah di Surabaya lebih dari 3 hari diminta hasil swabnya. Kalau tidak bisa menunjukkan, bisa dilaporkan ke aparat setempat. Sanksinya ya kita minta tes swab, jika nggak gitu ya silahkan pulang ke daerah asalnya, ” ucapnya.

Ia juga membenarkan bahwa langkah tegas ini adalah upaya Pemkot Surabaya dalam memutus tanda rantai penyebaran COVID-19. Semua tersebut juga dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada warga Kota Surabaya . (Baca juga: 550 Personel Disiagakan, Jangan Bikin Rusuh di Pilkada Rembang)

“Jadi tujuannya memang untuk keselamatan dan kesehatan masyarakat yang merupakan hukum tertinggi. Apalagi masa ini Surabaya sudah masuk zona oranye, sehingga ini harus langsung dipertahankan dengan dukungan semua bagian, ” ungkapnya.

Irvan juga memastikan bahwa istimewa warga Kota Surabaya , tidak perlu khawatir secara kebijakan ini. Sebab, Pemkot Surabaya telah menyediakan tes swab gratis untuk warganya. “Khusus warga Kota Surabaya , bisa langsung mendaftar ke puskesmas masing-masing buat janjian tes swab, atau bisa juga langsung datang ke Labkesda Surabaya di Jalan Gayungsari Barat, ” ujarnya.