Isap Investasi Rp3, 2 Triliun, Konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Dimulai

Isap Investasi Rp3, 2 Triliun, Konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Dimulai

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

JAKARTA – Pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan-Cinere sepanjang 5, 44 Km dimulai. Jalan Pungutan Cijago membentang sepanjang 14, 7 Km terdiri 3 seksi. Seksi 1 memper Jagorawi-Jalan Raya Bogor sepanjang 3, 7 km sudah beroperasi Januari 2012.

Baca Juga: Masyarakat Perumahan Wismamas Minta Kejelasan Pembebasan Lahan Tol Cijago

Sedangkan seksi 2 memper Jalan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5, 5 kilometer sudah beroperasi September 2019 berserakan. Kemudian Seksi 3 Kukusan – Cinere sepanjang 5, 44 kilometer (Ruas Cinere – Limo) ditargetkan bakal beroperasi pada Februari 2022 dan untuk Ruas Kukusan – Limo pada Juni 2022.

“Saat ini progres penanggalan lahan telah mencapai 70, 16%. Adapun biaya investasi sebesar Rp3, 2 triliun dan biaya konstruksi sebesar Rp1, 2 triliun, ” ucap Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya, Hilman Muchsin di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga:

Menurut Hilman, pembangunan konstruksi jalan tol ditargetkan selesai dalam jangka masa 1, 5 tahun. “Target konstruksi selesai pada akhir Tahun 2022 sehingga dapat hidup pada awal 2023, ” ujarnya.

Mulainya pembangunan jalan tol tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri Order Umum dan Perumahan Kaum (PUPR) Basuki Hadimuljono berhubungan Direktur Utama PT Mabuk Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin dan Walikota Depok Mohammad Idris di Wilayah Gerbang Tol Kukusan, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Kejaksaan-PUPR Kerja Sama Pengamanan Rencana Strategis Nasional

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya mengatakan, Tol Cijago untuk Seksi 1 telah berfungsi tahun 2012 dan Bagian 2 telah beroperasi 2019, dimana sudah hampir hampir 10 tahun beroperasi.

“Bukan berarti kita lambat akan namun pembangunan diperkotaan tantangannya bertambah banyak dan lebih gede terutama masalah pembebasan tanah. Kalau masalah pembebasan negeri cepat pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat, ” kata dia.

Jalan Tol Cijago adalah bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II terdiri pada ruas Cengkareng – Kunciran sepanjang 15, 2 km, Kunciran – Serpong sepanjang 11, 2 Km, Serpong – Cinere sepanjang 10, 1 km, Cinere kepala Jagorawi sepanjang 14, enam km, Cimanggis- Cibitung sepanjang 25, 4 km, Cibitung – Cilincing sepanjang 33, 9 km, dan Kanal Tanjung Priok sepanjang 12, 1 km.

Penyelesaian konstruksi Pungutan Cijago Seksi 3 hendak meningkatkan konektivitas Tol JORR II yang berdampak membangun mengurangi kemacetan di induk Kota Depok, memperlancar pergeseran warga dan mengurangi kemacetan di ruas tol lain.

Melalaikan Pelelangan Terbatas, LMA-PPRE KSO ditetapkan sebagai kontraktor pengelola pembangunan Jalan Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3 dan PT Multi Phi Beta ditetapkan sebagai konsultan pengawas.