Giliran Ruang Isolasi RSUD Cikalongwetan Penuh, Pasien COVID-19 Harus Menunggu

Giliran Ruang Isolasi RSUD Cikalongwetan Penuh, Pasien COVID-19 Harus Menunggu

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

BANDUNG BARAT semrawut Setelah kapasitas bed (tempat tidur) ruang isolasi pasien COVID-19di RSUD Cililin penuh, kini giliran bed ruang isolasi di RSUD Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang penuh.

Bahkan karena sudah tidak menerima pasien COVID-19 rujukan dari rumah sakit asing, ada sekitar lima pasien dengan terkonfirmasi positif kini harus meresap dalam waiting list (daftar tunggu).

“Di kami pula bed sudah penuh, makanya tidak nerima lagi pasien rujukan (COVID-19). Sekarang aja ada lima pasien positif yang daftar tunggu buat masuk dan tengah menjalani isolasi mandiri, ” sebut Dirut RSUD Cikalongwetan, Ridwan Abdullah Putra, Selasa (24/11/2020).

Ridwan membaca, awalnya di RSUD Cikalongwetan ada total 43 bed. Sekarang dengan tersisa tinggal 20 bed karena SDM yang ada terbatas & banyak yang sudah kelelahan mengikuti sakit, sehingga hanya menyediakan 20 bed bagi pasien COVID-19.

Baca Juga:

Semua yang saat ini melakukan isolasi sebanyak 20 pasien, ialah yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala klinis dari mulai ringan hingga berat. Oleh karena itu, mereka harus mendapatkan perawatan secara intensif dan terpisah dari penderita umum. “Melihat kondisi seperti ini kami akan tambah lagi 10 bed, tapi terkendala dengan SDM dan tenaga medis yang melayani nanti, ” kata dia. (Baca: Siram Istri Pakai Air Panas, Ibenu Ditangkap Usai Sidang Cerai).

Dirinya menduga, penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif itu dikarenakan mobilitas warga saat libur panjang cukup tinggi. Banyak warga yang melakukan perjalanan ke asing daerah atau berwisata, sehingga mampu memicu penyebaran COVID-19. “Sebelumnya tetap ada bed yang tersedia akan tetapi pascalibur panjang ada peningkatan penderita sehingga ruangan isolasi di sini jadi full, ” pungkasnya.