Gema Salawat Iringi Pemakaman Ki Seno Nugroho, Wayang Gatotkaca Ikut Dikubur

Gema Salawat Iringi Pemakaman Ki Seno Nugroho, Wayang Gatotkaca Ikut Dikubur

YOGYAKARTA — Almarhum Ki Seno Nugroho dilepas ke peristirahatan terakhir di pemakaman umum Semaki Gede, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (4/11/2020). Jenazah tiba di pemakaman pada pukul 13. 50 WIB. Setibanya di lokasi langsung dibawa ke liang lahat tempat memakamkan dalang kondang tersebut.

Makam tersebut merupakan makam yang dulu tempat memakamkan ayahnya Suparman. Selama proses pemakaman gema salawat berkumandang hingga proses pemakaman berakhir. “Ya tersebut dulu makam ayahnya Seno Nugroho, ” kata Bude Seno Nugroho, Paulina Suratmi di sela-sela prosesi pemakaman Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020). (Baca juga: Ki Seno Nugroho Dimakamkan Satu Liang dengan Ayahnya)

Proses pemakaman dilaksanakan oleh penerapan protokol kesehatan COVID-19. Hanya keluarga yang boleh berada di lokasi tempat prosesi. Untuk yg tidak berkepentingan hanya bisa menyaksikan prosesi dari luar area prosesi. Para kerabat dan keluarga pada tempatkan di bawan tenda warna hijau yang ada di atas makam. (Baca juga: Ini Profil Dalang Ki Seno Nugroho yang Meninggal Dunia pada Yogyakarta)

Sesudah semuanya siap, jenazah Ki Seno Nugroho mulai diturunkan perlahan-lahan ke liang makam, setelah itu ditutup dengan potongam peti di atas jenazah dan ditimbun dengan tanah. Ikut dimakamkan Wayang Gatotkaca. Selesai ditimbun dan rata dengan tanah, selanjutnya didoakan. Usai pembacaan doa prosesi pemakaman selesai.

Lihat Juga: