7 Hal yang Sering Anda Lakukan pada Wajah, Padahal Terlarang!

7 Hal yang Sering Anda Lakukan pada Wajah, Padahal Terlarang!

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Merawat wajah perlu diaplikasikan hati-hati agar tidak membikin kulit wajah iritasi atau rusak. Foto/Pexels

JAKARTA – Kamu mungkin sering mencari tips soal perawatan kulit lewat platform digital atau media sosial daripada bertanya langsung pada dermatologis.

Nah, yang perlu kamu perhatikan adalah, kamu mesti kritis dengan mengecek lagi apakah tips tersebut memang disarankan ahli atau sebuah mitos yang berkembang dan dianggap sebagai sebuah kebenaran. Nah, berikut tujuh hal yang tidak boleh kamu lakukan pada wajahmu, mengutip dari Bustle.

1. TERLALU SERING MENCUCI WAJAH PAKAI SABUN/PEMBERSIH

Foto: Pexels

Baca Juga:

Menurut dermatologis, sering mencuci wajah akan merusak lapisan pelindung alami kulit. Wajahmu bisa jadi sangat kering, menyebabkan lebih banyak iritasi, dan mengalami peradangan kulit karena gesekan sabun serta tanganmu. Dermatologis menyarankan sebaiknya kamu mencuci wajahmu sehari dua kali tertentu.

2. MENGGUNAKAN AIR PANAS UNTUK MENCUCI WAJAH

Foto: Pexels

Basuh muka dengan air panas buat membuka pori-pori, kemudian bilas dengan air dingin. Mungkin kamu sering mendengar “petuah” ini, atau justru rutin melakukannya. Sebenarnya, pori-pori tidak punya otot untuk membuka dan menutup. Penggunaan air panas untuk mencuci wajah akan menyebabkan iritasi dan kemerahan, serta membuat kulit kamu menjadi kering. Sebaiknya, tinggalkan kebiasaan tersebut serta menggunakan air hangat tuk mencuci wajah.

3. JANGAN PERNAH MELEWATKAN RUTINITAS MEMAKAI TABIR SURYA

Foto: Pexels

Memakai tabir surya, apalagi di negara tropis seperti di Indonesia jadi melindungi wajahmu dari sinar matahari secara langsung. Keluar rumah tanpa tabir surya juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Sekalipun cuaca mendung, kamu tetap harus menggunakannya karena sinar ULTRAVIOLET tidak terblokir oleh awan dan hal itu akan berpotensi merusak kulitmu sama sekali tanpa kamu sadari.

Baca Juga: Kandungan Skin Care yang Mesti Kamu Cek Sebelum Tumbas

4. TERBURU-BURU SAAT MENCUCI WAJAH

Foto: Pexels

Sama halnya oleh mandi kilat yang bukan membuat kamu merasa bersih dan segar, terlalu terburu-buru mencuci muka juga tidak efektif dalam menyingkirkan kotoran dan minyak. Untuk mendapatkan kulit wajah yang selalu terlihat sehat, luangkan waktu setidaknya dua menit tuk mencuci muka. Konsentrasikan pijatan di daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak.

5. MEMBIARKAN PONSEL MENYENTUH KULIT WAJAH

Foto: Pexels

Diketahui bahwa ponsel punya bakteri yang ten kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Dermatologis menyarankan agar lebih baik memakai earphone atau speaker ketika menerima telepon atau pesan suara dari orang lain alih-alih untuk mengangkatnya ke wajahmu.

6. TERLALU MELIMPAH MENGGUNAKAN PRODUK

Foto: Pexels

Penggunaan terlalu banyak produk untuk skincare contohnya scrub, toner , pelembap, dan masker bisa membuat kulit kamu menjadi iritasi. Menurut Dermatologis, gunakan pembersih sederhana lalu serum anti-penuaan diikuti oleh pelembap khusus untuk jenis kulitmu. Pada pagi hari, bersihkan kembali dengan lembut, gunakan pelembap, dan SPF minimal SPF 30.

Lihat Juga: Déjà Rêvé: Variasi Lain dari Déjà Assisté à, Bagaimana Bentuknya?

7. JANGAN PAKAI PRODUK TUA ATAU MELEWATI PAO

Foto: Pexels

Produk yang kedaluwarsa atau melewati phase after opening (PAO), maka bahan aktifnya untuk pengobatan wajah sudah tidak dapat bekerja oleh baik. Dengan kata lain, kamu tidak akan merasakan manfaatnya lagi, justru mengakibatkan wajah kamu menjadi iritasi. Saat membeli produk, wujud baiknya dilihat masa berlakunya terlebih dahulu, jangan tergoda dengan harga murah tapi sudah mendekati masa kedaluwarsa.

Arianti Widya Kusumastuti
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @Arwdy

(ita)